Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud melalui Inspektorat berhasil meraih Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Level 3. Peningkatan ke level 3 yang diberikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) itu didasarkan atas kemampuan inspektorat dalam menjalankan tugas pokoknya dalam melakukan pembimbingan, pendampingan dan pengawasan pada semua entitas organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Kepulauan Talaud

Piagam Kapabilitas APIP Level 3 tersebut diberikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Setya Nugraha kepada Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut didampingi Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga di Aula Nyiur Melambai Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara menyampaikan rasa bangganya atas kerja keras Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud dalam meraih level 3. Ia menambahkan, dengan capaian ini, Inspektorat sudah bisa melakukan mitigasi risiko terhadap berbagai proses bisnis yang ada di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud. Namun, ia mengingatkan agar Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud tidak berpuas diri atas pencapaian yang telah diraih. Karena dengan level 3 ini, tugas dan tanggung jawab Inspektorat semakin besar. Menutup sambutannya, ia menjelaskan bahwa BPKP sebagai mitra akan selalu siap bekerja sama dan mendampingi kapanpun dibutuhkan. “Itulah peran kami bahwa BPKP hadir dan bermanfaat,” tutup Setya.

Senada dengan Setya, Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut mengapresiasi BPKP atas penghargaan yang diberikan. Atas raihan ini, Inspektorat perlu terus berupaya keras meningkatkan kualitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah sehingga dapat bermanfaat bagi peningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud. Ia berharap agar BPKP terus memberikan bimbingan dan pengawalan dalam setiap kegiatan, terutama di masa pandemi COVID-19 ini.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *